Pages

Ads 468x60px

Keselamatan Berlalu Lintas Akan Masuk Dalam Mulok

PURWAKARTA,.-Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Purwakarta, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) dan Polres Purwakarta akan mengadakan nota kesepahaman untuk memasukan keselamatan berlalu lintas dalam mata pelajaran yang akan diberikan kepada siswa. Pemberian pendidikan tertib berlalu lintas dimasukkan dalam pelajaran ekstra kurikuler muatan lokal (mulok) di setiap sekolah di Kabupaten Purwakarta.
Kasatlantas Polres Purwakarta, Ajun Komisaris H. Herbas Sudewo dan Kepala Disdikpora H. Deddy Effendi, Minggu (15/5), secara terpisah mengatakan pemberian mata pelajaran keselamatan berlalu lintas kepada para siswa dari mulai tingkat taman kanak-kanak sampai SMU itu semata-mata untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.
Menurut Herbas Sudewo, data yang diperoleh dari badan kesehatan internasional (WHO) menyebutkan kematian akibat kecelakaan lalu lintas menduduki peringatan pertama dibandingkan kematian yang disebabkan oleh penyakit tertentu. "Data WHO menyebutkan kematian akibat kecelakaan lalu lintas menduduki peringkat pertama dibandingkan kematian oleh penyakit," katanya.
Dikatakannya, dalam pembahasan sebelum MoU antara Bupati Purwakarta dengan Kapolres Purwakarta tentang keselamatan berlalu lintas ataupun disiplin dalam berlalu lintas, mencuat pemikiran agar mata pelajaran tertib berlalu lintas dimasukkan ke dalam muatan lokal (mulok) yang akan diberikan kepada seluruh siswa di Kabupaten Purwakarta.
Herbas Sudewo mengatakan mengenai teknis pemberian pelajaran kepada siswa dapat juga disampaikan langsung anggota dari Polres Purwakarta atau guru dari sekolah yang bersangkutan tapi telah mendapatkan materi pembelajaran tertib berlalu lintas. "Kalau perlu nanti ada anggota dari Polres Purwakarta khususnya satuan lalu lintas yang akan memberikan pelajaran tertib berlalu lintas kepada para siswa dari mulai TK sampai SMU," katanya.(PRLM/DY ).