Pages

Ads 468x60px

Populasi Elang Jawa Tinggal Lima Ekor

KUNINGAN – Populasi elang jawa di kawasan Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan dan Majalengka, saat ini semakin memprihatinkan. Pasalnya, jumlah hewan tersebut saat ini tinggal lima ekor.

Staf Balai Taman Nasional Gunung Ciremai Maman Surahman mengatakan, berdasarkan hasil pendataan, keberadaan elang jawa di Gunung Ciremai hanya tersisa lima ekor.Jumlah tersebut diketahui berada di kawasan Pajambon, Kabupaten Kuningan sebanyak tiga ekor dan di Situ Sangiang, Kabupaten Majalengka hanya dua ekor. Maman menjelaskan, seharusnya habitat elang jawa itu berada di kawasan Gunung Gede-Pangrango dan Gunung salak. Namun, menjadi suatu keistimewaan hewan langka itu bisa hidup di Gunung Ciremai, walaupun jumlahnya sangat sedikit. Dia menyebutkan berkurangnya populasi elang jawa itu akibat adanya perubahan ekosistem gunung dari hutan produksi menjadi hutan pinus.

“Ini yang diduga menjadi pemicu rusaknya habitat hewan-hewan penghuni Gunung Ciremai,termasuk elang jawa. Selain itu, dikhawatirkan dapat merusak stabilitas ekosistem satwa liar lainnya yang ada di sana,”kata Maman kemarin. Untuk mengantisipasi punahnya hewan langka tersebut, pihak BTNGC sedang melakukan pengelolaan Gunung Ciremai dengan cara memulihkan potensi kawasan kembali menjadi hutan produksi. “Kami berupaya mengembalikan hutan pinus kembali menjadi habitat satwa liar penghuni Gunung Ciremai. Kita akan berupaya mengembalikan lagi hutan yang berubah menjadi hutan pinus menjadi potensi-potensi yang sesuai dengan habitat satwa tersebut,” katanya.

Selain itu, keberadaan Gunung Ciremai yang tidak terhubung dengan gunung lain dan dikelilingi pemukiman warga, menurut Maman, juga memengaruhi ruang gerak satwa liar tersebut sehingga menyulitkan satwa liar tersebut bermigrasi mencari habitat yang sesuai. mohamad taufik.


Sumber:Harian Seputar Indonesia

65 Persen Guru tak Pahami Aturan


Ketua Komnas Perlindungan Guru Sunatra mengatakan, 65 persen guru tidak memahami aturan dan perundang-undangan yang mengatur tentang profesi guru. Akibatnya,...